ikut SEO

Ikut Cara Seo Girilaya Real Groups

Kenali DIRBS, Sistem untuk Mengidentifikasi Ponsel BM Di Indonesia

Anda sedang mencari info tentang "Kenali DIRBS, Sistem untuk Mengidentifikasi Ponsel BM Di Indonesia - ikut SEO"?. Jika itu yang Anda cari maka sekarang Anda berada di halaman yang tepat, karena kami ikut SEO terpercaya siap memberikan informasi yang Anda cari. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di SMS / Whatsapp : 082331664567
Ponsel BM Di Indonesia

Kenali DIRBS, Sistem untuk Mengidentifikasi Ponsel BM Di Indonesia

Ponsel Black Market adalah ponsel ilegal yang kian hari semakin marak beredar di Indonesia. Hal ini tentu meresahkan masyarakat dan pemerintah. Isu yang beredar, pemerintah kini berencana untuk memblokir seluruh ponsel BM di Indonesia lewat nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang terdapat pada setiap ponsel. IMEI sendiri adalah nomor unik berjumlah 15 digit yang dikeluarkan oleh pihak GSM Association untuk setiap slot kartu dari produsen ponsel tersebut.

Semua nomor IMEI akan didaftarkan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ponsel hendak dijual. Jika nomor IMEI tidak terdaftar pada database Kemenperin, besar kemungkinan ponsel tersebut adalah barang ilegal. Rencananya aturan pemblokiran ponsel ilegal tersebut akan disahkan oleh tiga kementrian sekaligus yaitu Kementerian Perindustrian,Kementerian Informasi dan Informatika, serta Kementerian Perdagangan.

Ponsel yang nomor IMEI nya tidak terdaftar pada Kemenperin tentu tidak lagi berfungsi secara maksimal di kemudian hari, karena telah di blokir oleh pemerintah. Alhasil jika nomor IMEI di blokir, pengguna tidak dapat menggunakan fitur telpon dan jaringan internet dari operator yang digunakan. Untuk itu, ketika membeli sebuah ponsel bukan dari gerai resminya, kamu perlu mengecek status nomor IMEI terlebih dahulu.

Cara Cek Status Nomor IMEI

Sebelum aturan pemblokiran ponsel BM disahkan oleh pemerintah, ada baiknya kamu mengetahui serangkaian cara mengecek nomor IMEI pada ponsel pintarmu. Yuk, simak langkah-langkahnya.

  1. Pilih fitur panggilan

Pada fitur panggilan, kamu harus menekan angka *#06# di ponsel, lalu nomor IMEI akan muncul di layer ponselmu.

  1. Cek kotak kemasan ponsel

Pada saat membeli ponsel, kamu tentunya akan menerima kotak kemasan ponsel yang mencantumkan kode IMEI. Biasanya kode IMEI pada kotak kemasan tertera pada bagian bawah logo atau belakang kemasan.

  1. Kunjungi situs Kemenperin

Setelah kamu mendapatkan nomor IMEI melalui fitur panggilan atau pada kotak kemasan ponsel, kamu bisa mengunjungi situs Kemenperin untuk selanjutnya mengecek apakah nomor IMEI mu terdaftar pada database Kemenperin. Jika nomor IMEI terdaftar, maka laman situs tersebut akan menampilkan informasi seputar merek, model, serta distributor nya yang ada di Indonesia. Tapi bila nomor IMEI tidak terdaftar, laman situs akan memberikan keterangan bahwa nomor IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.

Mengenal Sistem DIRBS

Niat pemerintah untuk memerangi ponsel ilegal di Indonesia nyatanya benar-benar akan terwujud. Bekerja sama dengan perusahaan Qualcomm Incorporated, Kemenperin berkomitmen untuk memberantas peredaran ponsel dan komputer tablet ilegal yang masuk ke Indonesia dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua pihak. Upaya ini ditempuh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016 mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan juga Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2017 mengenai Pengendalian Impor dan Ekspor Barang.

Qualcomm ditunjuk untuk menyiapkan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi dan memblokir ponsel ilegal. Adalah DIRBS, sistem yang disiapkan oleh produsen prosesor Qualcomm untuk membantu pemerintah mengenali IMEI sekaligus meningkatkan kualitas jaringan. Sistem ini mampu melakukan verifikasi nomor IMEI dan melakukan pemblokiran apabila terbukti ponsel tersebut adalah barang black market. Di Indonesia sendiri, sistem DIRBS nantinya akan dipopulerkan dengan nama Sistem Informasi Registrasi Identifikasi Nasional (SIRINA).

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai cek status IMEI dan sistem DIRBS yang akan digunakan pemerintah untuk memberantas peredaran ponsel ilegal. Untuk mempermudah kerja pemerintah, kita juga harus mendukung dengan tidak membeli ponsel yang harganya kelewat miring dan bukan di gerai resminya. Jadi perhatikan selalu nomor IMEI yang tertera saat ingin membeli sebuah ponsel ya, jangan sampai tidak bisa digunakan dan akhirnya hanya merugi. Untuk informasi lainnya seputar ponsel black market bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/pelajari-cara-cek-status-nomor-imei-agar-terhindar-dari-blokir-ponsel-bm/.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kenali DIRBS, Sistem untuk Mengidentifikasi Ponsel BM Di Indonesia
Author Rating
51star1star1star1star1star
Terimakasih sudah membaca artikel

Kenali DIRBS, Sistem untuk Mengidentifikasi Ponsel BM Di Indonesia - ikut SEO

 
Girilaya Blogger SEO Backlink
Grup Facebook ยท 4.387 anggota
Gabung dengan Grup
BELAJAR dan MENGERJAKAN semuanya dengan KERJASAMA satu TEAM - GIRILAYA REAL GROUPS mohon untuk menjaga Privasi baik Materi maupun FILE.
 
ikut SEO © 2016 - 2018